Home » » Makanan yang Harus dihindari Saat Sahur dan Buka Puasa

Makanan yang Harus dihindari Saat Sahur dan Buka Puasa

Pada saat menjalankan ibadah puasa kita membutuhkan kondisi tubuh yang sehat atau fit. Supaya dapat menjalankan ibadah puasa dengan lancar dan tetap dapat menjalani aktifitas sehari-hari dengan baik. Nah dalam artikel kali ini akan dibahas mengenai beberapa jenis makanan yang harus dihindari saat sahur dan berbuka puasa.

  • Makan-Makanan yang Bersantan
Makanan bersantan seperti kolak, soto babat dan lain-lain memang cukup nikmat disajikan pada saat berbuka puasa. Apalagi makanan bersantan dengan dilengkapi dengan jeroan yang mengandung kolesterol yang cukup tinggi. Jika Anda keseringan mengkonsumsi makanan yang bersantan, maka akan menyebabkan pencernaan Anda akan menjadi terganggu. Hal itu akan menyebabkan Anda menjadi sembelit atau BAB tidak lancar. Selain itu, dengan menghindari jenis makan-makanan berkuah santan juga dapat menyehatkan tubuh Anda.

  • Mengurangi Makan-Makanan yang Terlalu Pedas
Menjaga kesehatan saat menjalankan ibadah puasa sangat penting. Dengan kondisi yang sehat maka Anda dapat menjalani puasa dengan khusuk dan tetap bisa melakukan aktifitas sehari-hari. Namun untuk memiliki tubuh yang sehat juga harus memperhatikan jenis makanan yang dikonsumsi. Misalnya untuk menghindari jenis makan-makanan yang terlalu pedas. Karena dinding lambung cukup sensitif terhadap rasa makanan yang pedas. Sehingga saat Anda sahur atau berbuka puasa untuk mengurangi jenis makanan tersebut, supaya terhindar dari penyakit yang berhubungan dengan pencernaan.

  • Hindari Jenis Minuman Bersoda
Saat menjalankan ibadah puasa, sebaiknya untuk menghindari minuman manis dan bersoda. Memang minuman tersebut sangat menggiurkan jika dikonsumsi untuk berbuka puasa karena dapat melepas dahaga. Namun, walaupun menyegarkan tetapi minuman bersoda malah justru dapat menimbulkan dehidrasi yang dapat memicu penyakit maag. Untuk melepas dahaga saat berbuka puasa, sebaiknya Anda mengganti minuman bersoda tersebut dengan minuman jus buah segar. Selain aman untuk kesehatan tubuh juga sangat baik untuk pencernaan.

  • Hindari Makanan yang Mengandung Gas
Saat sahur sebaiknya menghindari makan-makanan yang mengandung gas seperti sawi, kol, ubi, pisang ambon dan cokelat. Namun saat berbuka masih boleh dikonsumsi dalam jumlah yang tidak berlebihan. Karena jika dikonsumsi secara berlebihan dapat menyebabkan perut menjadi kembung.

  • Hindari Jenis Makanan yang Mengandung Asam
Saat berpuasa sebaiknya untuk menghindari makanan yang mengandung asam seperti sari buah sitrus, kopi atau beberapa jenis susu full cream.

  • Hindari Makan-Makanan Dengan Kadar Gula Tinggi
Jenis makanan yang memiliki kadar gula tinggi seperti es teler, es buah, cokelat, puding, atau cake sebaiknya Anda tidak mengkonsumsi secara berlebihan. Apalagi bagi Anda yang menderita penyakit diabetes, maka jenis makanan tersebut wajib dihindari.
Itulah beberapa jenis makanan yang harus dihindari saat sahur dan berbuka puasa agar ibu hamil mendapatkan kondisi tubuh yang sehat.

Beberapa jenis makanan yang harus dikurangi saat sahur dan berbuka puasa yaitu makanan yang bersantan, makanan terlalu manis dan makanan yang mengandung gas.