Home » » Cara memperbaiki HP yang tercebur air

Cara memperbaiki HP yang tercebur air

Apabila ponsel Anda tidak dilengkapi teknologi water-resistant dan tanpa sengaja tercebur ke dalam air, mungkin saja masih bisa dihidupkan kembali. Ada beberapa tahap untuk menyelamatkan ponsel yang habis nyemplung di air.


1. Mengentas ponsel secepatnya dari air. Semakin lama berendam di dalam air maka probabilitas ponsel untuk hidup kembali kian kecil. Apabila ponsel kecemplung di air saat dicas, maka cabut dahulu charger dari colokan listrik sebelum mengentasnya.

2. Lepaskan baterai. Ambil lap berupa kain atau handuk, lalu basuh ponsel. Buka penutup/cover belakang dan lepaskan baterai. Cara ini hanya berlaku untuk ponsel yang baterainya bisa dilepas.

3. Buka slot kartu memori dan kartu SIM. Keluarkan kedua kartu tersebut dan keringkan. Begitu pula bagian slotnya.

4. Keringkan dengan vacuum cleaner. Gunakan penyedot debu mini untuk menarik sisa-sisa air yang ada di dalam bodi ponsel dan baterai. Lakukan hingga seluruh bagian ponsel mengering. Hindari penggunaan hair dryer karena justru bisa menyebabkan air masuk ke bagian yang lebih dalam.

5. Masukkan ke kotak beras. Setelah ponsel tampak kering, masukkan bersama dengan baterai ke dalam beras - yang merupakan penyerap air alami terbaik. Butuh waktu 5-7 hari agar seluruh sisa air di ponsel bisa diserap oleh beras.

Pasang kembali baterai, kartu SIM, dan penutup belakang ponsel. Hidupkan ponsel kembali. Apabila langkah-langkah di atas tidak juga menyelesaikan masalah, maka jurus terakhir adalah membawanya ke dokter HP (tukang servis)